Rabu, 02 November 2016

Menjaga Jantung Tetap Sehat

Menjaga jantung tetap sehat sangatlah mudah. Olahraga ringan sangatlah baik untuk menjaga jantung tetap sehat. Selain menerapkan pola makan sehat untuk menjaga jantung tetap sehat, diperlukan pula gaya hidup yang sehat. 
Jantung merupakan organ pokok yang memegang kendali peredaran darah didalam tubuh. Jika jantung mengalami masalah, tentunya tubuh akan mengalami masalah pula. Bahkan, banyak orang yang meninggal akibat gangguan yang dialaminya pada organ jantung. Biasanya, penyakit jantung kerap menghampiri manusia yang mengabaikan kesehatan jantungnya. Faktor risiko utama yang saling terkait sebagai penyebab penyakit tidak menular seperti jantung dan stroke yaitu kebiasaan merokok, kurangnya aktivitas fisik serta makan tidak seimbang terus meningkat. Ironisnya, kebanyakan wanita justru lebih mengkhawatirkan bahaya penyakit jantung pasangannya daripada dirinya sendiri. Padahal, menjaga kesehatan jantung sangat mudah dilakukan. Perubahan gaya hidup sekecil apapun dapat meningkatkan kualitas hidup anda dan mengurangi risiko serangan jantung hingga 50 persen.
Setelah mempertimbangkan berbagai manfaat yang bisa diperoleh dari olahraga, kemungkinan besar Anda akan tertarik untuk rutin berolahraga. Meskipun masih terbilang muda, tidak ada salahnya anda mulai memperhatikan kesehatan jantung dari sekarang. Karenanya, coba ikuti beberapa jenis olahraga yang baik untuk menjaga jantung tetap sehat , seperti yang kami rangkum berikut :
Jalan santai
Anda dapat melakukan jalan santai ini dengan baik di alam terbuka maupun di dalam rumah dengan menggunakan treadmill. Olahraga yang ringan ini sangat bermanfaat bagi kebugaran tubuh dan sangat baik sekali terhadap penderita penyakit jantung. Anda bisa melakukannya setiap hari saat pagi atau sore.
Bersepeda
Olahraga dengan bersepeda bersama keluarga pada pagi atau sore hari, selain menyenangkan juga bisa menyehatkan tubuh dan juga menjaga kesehatan jantung. Bersepeda ini merupakan olahraga kardiovaskular yang memiliki fungsi dalam melatih ketahanan jantung, persendian dan otot.
Jogging
Lari dengan satai atau dikenal dengan nama Jogging sama halnya dengan jalan santai bisa dilakukan setiap hari baik saat pagi maupun sore hari. Jogging adalah olahraga yang ringan yang mampu membuat jantung tetap sehat dan menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit.
Berenang
Olahraga berenang ini selain untuk melatih pernafasan juga memiliki manfaat untuk melatih ketahanan jantung, dua setengah jam berenag 1 kali dalam seminggu mampu memberikan manfaat yang sangat besar bagi kesehatan jantung. Kelebihan lainnya dari olahraga yang ringan ini adalah tidak memberikan tekanan yang lebih pada tulang dan persendian, hal ini sangat bermanfaat sekali bagi anda yang sedikit kelebihan berat badan.
Menari atau Berdansa
Menari secara rutin atau berdansa mampu membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Anda hanya perlu sepatu yang baik dan sebuah ruangan serta musik yang anda sukai. Lakukanlah olahraga ringan ini sesuai dengan kemampuan anda, dan yang lebih baiknya lagi lakukan sampai denyut jantung anda sampe 120-135 denyutan per menit untuk melatih ketahanan jantung.
Rencana olahraga yang dibuat secara umum mencakup dua jenis olahraga ini:
Olahraga kardiovaskular atau aerobik. Jenis olahraga ini memberikan manfaat maksimal bagi jantung Anda. Contohnya termasuk jalan kaki, jogging, lompat tali, bersepeda, skating, dan kelas-kelas aerobik/kardio di gym. Olahraga ini memperkuat jantung dan paru-paru. Seiring berjalannya waktu, latihan aerobik dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sistem pernapasan sehingga jantung tidak perlu bekerja terlalu keras ketika berolahraga.
Latihan kekuatan. Jenis latihan/olahraga ini bertujuan untuk membentuk dan menambah massa otot-otot tubuh. Anda bisa menggunakan alat-alat latihan beban di gym, atau memanfaatkan beban tubuh sendiri untuk melatih kekuatan otot. Jenis latihan ini biasanya terdiri dari beberapa set gerakan di setiap latihan, kemudian memberikan waktu agar otot-otot beristirahat selama satu atau dua hari diantara sesi latihan.
Latihan peregangan juga bermanfaat. Lakukanlah secara perlahan, setelah Anda beres latihan atau olahraga. Jangan pernah memaksakan suatu gerakan peregangan sampai itu terasa sakit. Setiap kali hendak berolahraga, mulailah dengan pemanasan. Ini membantu tubuh untuk secara perlahan menyesuaikan diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar